Assalammu'alaikum,,,Irasshaimase,Wilujeng Sumping, Selamat datang ^_^

Selasa, 11 Januari 2011

Zembu de Atashi no Senseitachi ni Tsuite (Is All Bout My Sensei..) ^^ lop U lah :D

Hm..jadi kepikiran buat tuliasn tentang semua guru yang berkesan dan selalu teringat hingga sekrang. Meskipun pada prinsipnya semua adalah guru..even dia anak kecil, kaum papa, berbeda keyakinan atau bahkan seseorang yang mungkin secara kasat masa adalah "orang yang berkekurangan" but i really don't care bout that ;) karena bagi saya hikmah dan ilmu bisa di dapat dari mana saja , kapan saja dan dari siapa saja :).

First
Mazu no sensei wa atashi no ryoushin :) pastinyalah..orangtua adalah madrasah pertama bagi saya :) meski dengan segala keterbatasan, kekurangan dan kelebihannya. Namun always be thankfull to allah coz He give me teh best parents for me :) mereka adalah teladan, contoh hidup yang ada di depan mata saya. Jiplakan karakter mereka tentunya sangat melekat dalam diri di awal2 proses "pembelajarn saya sebagai manusia" ...love you much Mam and Dad..with all my heart and soul. I will always love , miss and hope He give you all a lot of His kindness ;)really want to make you proud of me...always wish someday we will meet, gather in His Jannah...amin2 :D

Second
Guru ngaji ... :D her name is Ibu Nenah ;)
ya berhubung saya lahir bukan dari keluarga yang religius maka orangtua memasukan saya pada madrasah diniyah dekat rumah :) Beliau orang yang sabar,lembut dan tegas ^^ jika mengingat masa itu saya menjadi rindu akannya. Kalau dipikir2 ko bis a ya ibu ini tahan mengajar kami yang satu kelasnya kuranglebih 50 orang??? *jabaning barudaknya barandel..xixixi..ya secara gitu anak kecil masih suka berantem. Ga jarang ada aja tiap hari anak yang nangis karena berantem..dan yang pasti bukan karena saya loh :D hehehe. Darinya saya belajar banyak hal terutama basic agama seperti doa2, tentang neraka surga *seneng kalau beliau bercerita tentang ganjaran orang2 baik dan ih seyem kalau berbicara tentang orang2 jahat dan durhaka pd Tuhannya & orangtua, tentang hadits ...hm hadits yang paling saya ingat adalah tentang 3 hal yang akan menjadi "teman baik kita" ketika berada di alam kubur (ilmu yang bermanfaat, anak yang shaleh yang selalu mendoakan kdua ortunya, amal jariah yang tak akan pernah terputus) ..love and miss you madam :D hehe moga Allah selalu menjagamu , memberimu kebahagian hakiki

Third
Is my grandma :D hehe sejak ayah meninggal ketika saya beranjak remaja , tepatnya smp kelas 2. Nenek meminta ibu untuk pindah ke bandung. Beliau bahu membahu dengan ibu membesarkan dan mendidik saya dan adik. Beliau juga mengajarkan banyak hal tentang hidup..tentang silaturahmi, cinta keluarga, belajar tajwid dan doa2 seta tak jarang cerita2 tentang jaman belanda,tentang perjalanan hidupnya, pertemuan dengan kakek.. dll. Ah nenek jasamu ga akan pernah bisa terbalas..tenanglah disana nek :) selamat berjumpa dengan rabb, Rasul, para sahabat, orang2 shaleh :) temati juga kakek, dan ayah disana :D hehe doakan cucumu2 agar kami pun khusnul khatimah dan menjadi sebaik2 hamba serta keturunan yang shaleh/ah:)

Fourth
Dosen pembimbing yang subhanallah shaleh buanget dah :D hehe kagum deh ma beliau, hampir saja saya tidak bisa lulus kerena saat itu komputer saya terkena virus, kondisi saya sendiri baru saja shock bin bingung...saat2 deadline eh tuh kompi malah rusak :'( hadeuh belum ditambah ketika mau bimbingan teraktir di jalan menuju kampus kaki saya terkilir. Alamak lengkap sudah penderitaanku. Speechless , dah ga mau mimpi bisa sidang juli...@@ tapi kemudian dengan mengucap bismillah saya kuatkan diri untuk terus berjalan, memberikan draft akhir yanng sudah direvisi saat itu. lalu saya ceritakan musibah yang saya alami. beliau kaget..dan tanpa saya duga beliau berkata " ya sudah, saya beri kamu kesempatan untuk memberikan draft susulan dlam 2 hari ini ya? biar nanti saya bantu bilang dan buatkan surat resmi ke pihak dekannat agar memberikan perpanjangan waktu 2 hari untuk kamu. Kalau bisa lulus sekarang kenapa harus nanti?? kasian kamu orangtua kamu kalau harus nambah biaya kuliah,toh draft kamu sudah ga ada masalah lagi kan?? tinggal approve aja. Sok kerjain usahain dulu aja". hah?? subhanallah..ga nyangka ..aduh bapak buat saya terharu, kalu aja dosen pembimbing saya saat itu perempuan dengan pengertiannya yang sedemikian rupa udah saya peluk deh saking girangnya :D hehe tapi kemudaian pikiran saya melayang "wew..@@ dua hari?? emangnya legenda dayang sumbi apa ya?? gimana cara?? orang datanya aja kepisah2 back-upannya?? Huaaaaaaaaaa...hiks2..sumpeh saat itu hanya bisa bengong kayak ayam ga da kerjaan..hehe:D Alhamdulillah allah yang memudahkan segala urusan, Allah yang menggerakkan hati2 teman2 komunitas yang saya ikuti. Tanpa pamrih mereka rela mendoakan, rela repot2 membantu menelusuri dimana saja saya menyimpan back-upan file. Membantu meminjamkan komputernya hingga membantu mengetikkannya pula..subhanallah..allahuakbar "Maka nikmat Tuhanmu manalagikah yang kau dustakan Cha?? jika kamau bersungguh2 maka pertolongan Allah itu sungguh sangatlah dekat" huft...hatiku menangis terharu mengingat kuasaNya T_T.Jazaakumullahu khairan katsira sahabat :)

Kelima
Dosen Nihonggo Kiso semester pendek tingkat I...kagum banget ma ibu yang 1 ini, subhanallah shalehah . Rajin puasa, tegas , disiplin pula :D hehe. Dulu sapa sangka nilai saya bisa sejelek itu , seumur2 baru tuh dapet nilai E telak pada mata kuliah 4 SKS pula :( tau ga sih gimana rasanya??? down banget, ga pd, rasanya malu banget, so jadi ngapain aja kuliah selama ini?? nongkong ga jelas? no way!! saya ga seperti itu. Untung saat itu ada SP jadilah saya ikut SP dan saya sangat menikmati SP ini abis enakeun pisan ngajarnya ..TOP BGT pisanlah :D hehe..saya yang banyak belooannnya di kelas karena ga mau oon lagi dan trauma nilai jelek...membuat saya banyak bertanya. Ya kalau ga ngerti saya tanya ke dosen..kenpa begini? kenapa ga begitu? bla..bla..lama2 tuh dosen kayaknya jadi apal muka saya kali ya. So sering banget ditanya2..hadeuh. sekedar catatan : beliau ini orangnya sangat disiplin, tegas . Ga suka kalo muridnya ga merhatiin di kelas. Kalau kita ga bisa beliau pasti akan coba terus menjelaskan kembali sampai kami benar2 mengerti. Singkat cerita berakhirlah SP kemudian nilai diumumkan..and it was surprising me ..you know what? i've got A before had a badmark ...cuma bisa sujud syukur. Berarti ga jadi dunk pindah jurusan ke editing :D dan ga jadi dapet surat cinta dari dosen pembimbing :D hehe alias surat peringatan gara2 IP nasakom (nasib satu koma geto :D)hehe

Sixth
Dari kedua sensei ini saya belajar lagi tentang hidup ,tentang continous learning..sampai ke liang lahat teh bener! Beliau berdua adalah pasangan suami istri, orang yang selalu belajar dan belajar, meski keduanya sudah berusia lanjut (kalau tidak salah usia bapak 70 an sedang istinya , ibu biasa aku memanggilnya sekitar 65 tahun) tentang kerja keras. Beliau mengajarkan saya akan budaya Jepang yang tidak tertulis, tentang bahasanya. Oh iya satu hal yang saya kagumi juag dari bapak. bapak ini buka lulusan bahas Jepang melainkan engineer nuklir :D hehe tapinya kecintaan beliau terhadap budaya jepang membuat beliau mempelajarinya hingga hal terkecil. Beliau tidak pernah mengajarkan ibu untuk belajar bahasa Indonesia pikir karena beliau ingin membelajarkan ibu dengan metode "Experential Learning" ( ibu ini asli jepang, ikut bapak so pindah warga negara menjadi WNI loh ^^)Beliau selalu mengembleng mental para anak didiknya untuk bermental ksatria, teguh pantang mengeluh , tegar pantang menyerah. Beliau yang menolak keras pihak perusahaan penyalur bahasa jepang untuk mengajar sekedar "bahasa jepang seadanya" sekedar bahasa "pabrik" karena beliau pikir...manusia itu butuh komunikasi , interakti tidak sekedar hanya bahasa disekitar "habitatnya" saya fikir benar juga..sungguh egois perusahaan yang hanya berpikir sempit seperti itu "pembodohan, penjajahan dan perbudakan terselubung". Sensei juga orangnya sangat sederhana, meski dulu mantan pejabat di TNI tapi rumahya sangat sederhana. Seolah tidak mencerminkan "mantan pejabatnya" Dari obrolan panjang dengan beliau tentau kita dapat menyimpulkan jika beliau orang yang sangat "berwawasan" ilmu adalah salah satu hal terpenting dalam hidup :) ...love you sensei..moga ALlah selalu memberi keberkahan atsa ilmu yang kau beri, jazaakumullah :)

The last but not least..hehe..karena sebenernya masih buanyaaaaaaaaaakkk buangetguru bagi saya. Termasuk teteh2 mentor karisma ketika saya smp :) dari mereka saya belajar islam, bagaimana sebenarnya islam. Hingga akhirnya perjalanan panjang membuat saya terpahamkan dan merasakan indahnya Islam , indahnya ukhuwah..meski dengan segala keterbatasan pemahaman :)

Wallahu'alam bish shawab...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar