Assalammu'alaikum,,,Irasshaimase,Wilujeng Sumping, Selamat datang ^_^

Jumat, 12 November 2010

Beda Antara Dusta, Bohon dan Ingkar ^^

Masih nyambung dengan  tulisan Andi Fadli dan pertanyaan seorang sahabat akan beda dusta , bohong dan ingkar ..semoga bermanfaat :D .

Menurut Psikologi Online.com , secara umum diyakini bahwa bohong artinya mengatakan sesuatu yang tidak ada dasar realitasnya. Misalnya saja mengatakan ada badai di laut padahal tidak ada, mengatakan turut berduka padahal tidak berduka, mengatakan memiliki pacar padahal tidak punya, atau menyatakan orang miskin di Indonesia hanya 15% padahal 50%. Kebohongan juga bisa diartikan sebaliknya, yakni mengatakan sesuatu yang tidak ada padahal ada dalam realitasnya. Misalnya saja mengatakan tidak memiliki uang padahal punya, mengatakan tidak cemburu padahal cemburu, mengatakan tidak apa-apa padahal apa-apa. Cukup biasa terjadi mengatakan baik-baik saja padahal merintih perih karena tangan tergores pisau. Biasa juga seorang cowok yang membonceng pacarnya naik sepeda onthel mengatakan tidak capek meskipun nafas sudah hampir putus dibuatnya. Kata ‘bohong’ (kata kerjanya adalah berbohong) cenderung digunakan untuk kasus-kasus yang bernuansa netral dan biasa . 

Kata ‘dusta’ (kata kerjanya adalah berdusta) memiliki arti sedikit rumit. Kata ini sepertinya digunakan untuk bohong yang sangat berat jika ditimbang secara moral. Kata ‘dusta’ cenderung digunakan pada saat bohong dilakukan, sekaligus adanya pengingkaran terhadap sesuatu yang diyakini benar oleh umumnya masyarakat. Misalnya kalimat “ia mendustai agama”, dimaksudkan adanya pengingkaran kebenaran agama yang dianggap mutlak. Seseorang yang dikatakan berdusta seolah-olah telah melakukan tingkat penyimpangan lebih besar dari sekedar bohong biasa.

Sedangkan kata ingkar menurut Arti Kata.com . 1 mengingkari: orang yg memuja berhala, berarti -- akan keesaan Tuhan; 2 tidak menepati: ia -- janji; 3 tidak mau; tidak menurut: ia pun -- dan tidak lagi mempedulikan keaiban; meng•ing•kari v 1 tidak mengaku; tidak membenarkan; menyangkal; memungkiri; menampik: ia berusaha membela diri dng ~ tuduhan yg diberikan kepadanya; 2 tidak me-nepati: ~ janji; 3 tidak melaksanakan: ~ sumpah setia; peng•ing•kar•an n proses, cara, perbuatan mengingkari: ~ biasanya dinyatakan dng kata tidak atau bukan; ke•ing•kar•an n hal ingkar (menyangkal, tidak menurut, tidak mengaku, dsb): engkau tidak mau mendengarkan kata-kataku dan inilah hasil yg mengerikan dr ~ mu itu. 
Wallahu 'alam bish showab :) sesungguhnya saya memohon ampun atas segala kesalahan. Yanag benarnya dari Allah dan yang salahnya dari kesalahan saya pribadi... :)

1 komentar: